Pahami Segera Cara Belajar WordPress Offline

Pahami Segera Cara Belajar WordPress Offline

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara belajar wordpress offline. Khususnya untuk instal wordpress secara offline di localhost, dan langkah ini memerlukan Xampp. Xampp merupakan pembuat server ataupun server local pada laptop atau komputer. Sehingga anda tidak perlu menyewa hosting ataupun domain untuk belajar wordpress.

Cara install wordpress di localhost:

  1. Download wordpress

Tentu, langkah pertama yang harus anda lakukan dalam membuat wordpress adalah mendownload softwarenya terlebih dahulu. Setelah software sudah terdownload, langkah selanjutnya adalah menginstallnya hingga selesai.

Kemudian bukalah software dan aktifkan apache dan mysql, dengan cara membuka control panel xampp dan menekan start pada apache dan mysql.

  1. Membuat database wordpress

Database ini akan menjadi tempat penyimpanan data wordpress anda nantinya, dan berikut ini langkah pembuatannya. Pertama klik database, kemudian buatlah database dengan memasukkan nama yang anda inginkan. Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol create, dan lanjutkan dengan melakukan konfigurasi penginstalan.

  1. Konfigurasi

Dalam melakukan konfigurasi, anda bisa mengatur username, nama database yang akan digunakan, dan juga passwordnya. Disini anda akan menemukan file dengan nama wp-config-sample.php, disinilah anda bisa mengubah username, nama database dan password anda. Kemudian simpanlah file yang sudah anda edit tadi, kemudian anda hanya perlu melanjutkan proses instalasi.

  1. Instalasi

Ini merupakan langkah terakhir dari penginstalan wordpress offline, anda bisa langsung membuka browser anda dan mengakses wordpress yang ada pada localhost anda. Maka akan otomatis muncul proses instalasi wordpress, dan anda perlu menentukan bahasa yang akan anda gunakan pada settingan wordpress anda.

Dari sini anda sudah selesai melakukan proses penginstalan, anda hanya perlu melanjutkan dengan melakukan login ke wordpress yang anda buat tadi. Dalam melakukan login, anda perlu memasukkan username dan juga password yang sudah anda buat sebelumnya.

Demikian artikel mengenai pembuatan wordpress secara offline, semoga dengan adanya artikel diatas bisa membantu anda dan menambah pengetahuan anda tentang wordpress. Sekian dan kami ucapkan trimakasih, semoga artikel diatas bisa menjadi tambahan infromasi untuk anda.